Panduan singkat berikut untuk mengunduh (sinkronisasi) konten/file dalam google drive ke hardisk yang ada di komputer kita.
Catatan : Sistem operasi yang saya gunakan saat menerapkan teknik ini adalah Linux Mint
- Langkah pertama, install grive terlebih dahulu :
sudo apt-add-repository ppa:nilarimogard/webupd8 sudo apt-get update sudo apt-get install grive
- Setelah terinstall, pindahlah ke folder yang kosong (atau ke folder yang akan disinkronkan datanya ke google drive).
- Untuk pertama kalinya, otentikasikan grive kita dengan mengetikkan :
grive -a
- Perintah tersebut akan membuat sebuah URL, salin URL tersebut ke peramban (browser), login dengan akun google, di mana akun tersebut terdapat data yang akan disinkronkan dalam google drivenya. Akan diminta untuk melakukan konfirmasi, klik tombol Accept/Izinkan, lalu copy-paste 40-digit kode yang dibuat ke dalam terminal, lalu tekan Enter.
- Setelah tombol Enter ditekan, upload (jika di direktori kerja ada file) dan download (mengunduh dari google drive) akan dimulai.
- Anda juga dapat melakukan download file pada direktori tertentu, misalnya :
grive -s SMK/
- Perintah tersebut akan mengunduh semua berkas dalam direktori SMK di google drive.
- Untuk perintah lengkapnya, silakan ketikkan grive –help di terminal kesukaan Anda.
Tips & Trick
- Jika saat dilakukan sinkronisasi (unduh), tidak semua berkas tersinkron, cobalah menyalin berkas tersebut ke folder baru di google drive. Lalu sinkronkan folder baru tersebut. Yang penting semua berkas terunduh toh?
No comments:
Post a Comment
Terima kasih telah mampir ke Blog yang amburadul ini