google.com, pub-9228471708496696, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Bagaimana Cara Gabung dengan GOSHI ( Google School Indonesia )

GOSHI adalah Google School Indonesia 

Magang Online Bidang Digital Marketing


Magang Online bidang digital marketing

Magang Online bidang digital marketing adalah bentuk kerjasama antara LSP Teknologi Digital dengan Dunia Pendidikan dan kaitannya link & match dengan dunia industri.

FENOMENA

Ada 5 (lima) hal sangat menarik, yang mendorong dan melatarbelakangi gagasan Program PKL Online SMK Berbasis DIGITAL MARKETING Bersama GOSHI, untuk Meningkatkan Mutu, Relevansi, dan Daya saing Lulusan, yaitu :

  1. Indonesia menempati peringkat KELIMA dunia dalam penggunaan internet, yaitu 143,26 juta per Maret 2019, setelah China, Amerika Serikat, India, dan Brazil. Pada tahun 2020 ini meningkat menjadi 175,4 juta, yaitu 64% dari total 272,1 juta populasi penduduk Indonesia. Trends ini terus meningkat.
  2. Bonus Demografi Indonesia diprediksiakan terjadi pada rentang tahun 2015 – 2035. Proporsi jumlah penduduk angkatan kerja pada usia produktif 15 - 65 tahun mencapai 52 % - 64 %. Siswa usia SMK termasuk di dalamnya, bisa menjadi beban konsumtif atau peluang produktif jika mampu mengelolanya.
  3. Market-Behavior Shifting, dari Konvensional ke DIGITAL. Transaksi online Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat menjanjikan. Secara keseluruhan, telah terjadi pergeseran perilaku pasar (Market-behavior shifting) dari konvensional menuju online / Digital yang semakin nyata terlihat. Pasar e-commerce dunia mencapai USD 1,29 triliun, ternyata wilayah Asia Pasifik khususnya INDONESIA menjadi market share yang paling padat.
  4. Penetrasi Pasar Digital Indonesia berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, baru mencapai 7 %., sementara 93 % lainnya adalah Pemain Asing dan Aseng. Pertanyaanya sekarang ; Anak muda Indonesia (khususnya SMK) yang jumlahnya terbukti dominan dan hampir pasti semuanya menggunakan internet, apa yang dihasilkannya ?
  5. PANDEMI terbukti telah mempercepat / akselerasi Transformasi Ekonomi Digital.

FAKTA DI LAPANGAN

SMK meluluskan 1,5 – 1,7 juta siswa setiap tahun, hanya 3 % saja yg terserap DUDI sepanjang 6 bulan setelah kelulusannya SMK PENYUMBANG PENGANGGURAN



KERJASAMA SERTIFIKASI

Gambar 2 : Piagam Kerjasama antara LSP Teknologi Digital dengan Goshi


Telah disepakati kerjasama pengembangan PKL Online antara LSP sebagai pihak yang mensertifikasi dengan Goshi selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan mulai dari pelatihan, mentoring dan pemagangan sampai diterima bekerja.

Bagaimana Cara Gabungnya yuk kita klik tautan dibawah ini 

Mau Tahu cara Magang Online di GOSHI ( Google School Indonesia ) Mau Gabung dengan GOSHI yuk Join di link ini 

https://s.id/goshi



Membuat Absensi Online Google Form dan Google Data Studio dengan Tanda Tangan

 Absensi online menjadi sebuah keniscayaan yang mutlak sejak pandemi COVID-19 melanda dunia. Siswa, mahasiswa, PNS, karyawan perusahaan, dan selainnya, terpaksa belajar dan atau bekerja dari rumah. Istilah asing yang populer, sering kita dengar adalah work from home (WFH). Kehadiran yang biasanya dengan tanda tangan atau sidik jari menjadi sulit dilakukan, sebagai gantinya dibuatlah daftar hadir daring.

Sebagian besar sekolah menggunakan WhatsApp (WA) sebagai sarana untuk memposting kehadiran, misalnya dengan share live location dan photo / video call kepada guru setiap jam pelajaran. Aplikasi lain yang sering kami gunakan di sekolah adalah Zoom, Google Form, dan Google Class Room. Aplikasi-aplikasi tersebut selain sebagai sarana pembelajaran daring juga sekaligus absensi online.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana membuat absensi sederhana menggunakan aplikasi Google. Saya pilih ini karena hampir semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah. Mungkin agak panjang, jadi bersiaplah.

Tentu saja kita harus punya akun Google dan masuk (login) ke akun tersebut. Baik itu akun Google yang gratis (biasanya mempunyai alamat email dengan akhiran @gmail.com) atau membeli akun Google bisnis dengan domain nama Anda sendiri.

Membuat Absensi Online dengan Google Form untuk Mengoleksi Data

membuat absensi online google form dengan tanda tangan

Langkah-langkah membuat absensi online menggunakan Google Form.

Total Time: 5 menit

  1. Pertama, login ke dalam akun Google atau gmail Anda.

    Anda wajib masuk ke akun Google untuk dapat menggunakan Google Form.

  2. Buka laman Google Form

    membuat absen online - google formulir

    Klik tautan ini https://docs.google.com/forms/u/0/ lalu buatlah formulir dengan mengklik tanda plus (+).

  3. Sekarang, Anda akan melihat “Formulir tanpa judul”.

    absen online - formulir tanpa judul

    Anda dapat mengubah itu dengan sangat mudah. Lebih jelas lihat keterangan bagian-bagian diakhir langkah.

  4. Buatlah nama formulir absensi Anda.

    form absensi online google form

    Langsung saja klik bidang ‘Formulir tanpa judul’, kemudian tikkan nama baru yang Anda inginkan.

  5. Buat / tambahkan field (kolom isian) baru dengan nama “Kelas”.

    absensi online kolom isian kelas

    Nama field: Kelas; Type data: Drop Down; Isi nama siswa; aktifkan tombol Wajib diisi.

  6. Field Jenis Kehadiran.

    jenis absen

    Nama Field: Jenis Absen: Type Data: Drop-down; Jenis absen: datang, pulang; aktifkan juga tombol Wajib diisi.

  7. Field Tanggal Kehadiran.

    tanggal absensi online

    Nama field “Tanggal” untuk mencatat tanggal saat absen; Type data: Tanggal (Date jika menggunakan bahasa Inggris; aktifkan tombol Wajib diisi.

  8. Field Jam Hadir.

    jam absen online

    Nama field: “Jam”, Type data: Waktu (Time kalau pengaturan bahasa Anda adalah Inggris; aktifkan tombol Wajib diisi. Ingat! Setelah ini lihat langkah ke-10.

  9. Field bukti Screenshoot.

    absensi online dengan tanda tangan

    Nama field “Foto Tanda Tangan”. Type data “Upload file”, hanya izinkan file tertentu centang “gambar” / “Image”. Jumlah maksimum file “1”, hanya bisa upload 1 file saja. Ukuran file maksimal “1 Mb”, untuk menghemat ruang sehingga Google Drive tidak cepat penuh. Kita bisa set ukuran maksimal memori untuk menerima gambar dan jika sudah terpenuhi tidak akan bisa lagi menerima upload foto, secara default diset ke 1GB. Sekedar anda tahu: untuk Google drive kita hanya sebesar 15 GB.

  10. Klik Lanjutkan.

    Ketika memilih tipe data “Gambar”, maka Anda nda akan melihat pesan “Izinkan responden mengupload file ke Drive”. File akan diupload ke Google Drive pemilik formulir. Responden akan diminta untuk login ke Google saat pertanyaan upload file ditambahkan ke formulir. Pastikan hanya membagikan formulir ini dengan orang yang Anda percayai. Setelah klik Lanjutkan, Anda akan melihat tampilan seperti langkah 9.

Semua sudah beres, formulir absensi online sudH siap untuk diisi oleh setiap siswa. Untuk melihat bagaimana tampilan formulir yang telah Anda buat kliklah tombol pratinjau (ikon mata) di pojok kanan atas.

Berikut penjelasan kolom/bidang isian.

  1. Nama formulir yang akan menjadi nama file dalam folder Google Drive Anda.
  2. Judul halaman formulir absen, bisa saja sama dengan nomor 1.
  3. Field atau Jenis data yang ingin dikoleksi.
  4. Type data untuk nomor 3 (saya pilih opsi dropdown karena jenis data yang saya pilih adalah nama siswa yang sudah terdaftar di sekolah).
  5. Daftar pilihan dari nama-nama siswa (karena saya memilih dropdown di type data, maka harus mengisi list data ini).
  6. Untuk menambah field atau isian data lainnya yang ingin Anda kumpulkan datanya.
  7. Ini adalah pengaturan untuk menentukan apakah bagian ini wajib diisi atau tidak. Jika wajib, nyalakan / geser tombol itu.

CATATAN: Agar Google form Anda bisa diakses pastikan mereka yang akan mengisi formulir absensi online untuk login terlebih dahulu ke akun google masing-masing.

Pada bagian kedua, kita akan membuat Google Sheet untuk menampung data yang diisi melalui Google form. Kita lanjut besok saja.

Membuat Google Sheet untuk Menampung Data

Kita lanjut ke bagian kedua adalah menjadikan data yang sudah di input menjadi data spreadsheet di google Spreadheet. Berikut caranya:

Masih pada Google Form yang sama (jika Anda telah menutupnya, silakan cari di Google Drive) , klik Tab “Respons” dan klik ikon Google Sheet, lihat tanda salib berwarna hijau.

Google Sheet untuk menampung data absen online
Membuat Google Sheet untuk menampung data absen online

Setelah Anda klik ikon itu maka akan muncul jendela pop-up untuk membuat file Google sheet. Buat nama file atau biarkan yang sudah dan kemudian klik tombol “Buat” / “Create”.

Google sheet tujuan tanggapan
Google sheet tujuan tanggapan

Setelah itu otomatis akan terbuka tab baru pada peramban Anda yang memuat halaman Google Sheet. Tampilannya persis seperti aplikasi Excel. Lembar ini nantinya akan menampung semua data yang di input pada formulir daftar hadir secara waktu nyata (realtime).

respon absen online di Google sheet
Respon absen online di Google sheet

Sampai di sini sebenarnya sudah cukup, kita sudah punya lembar data yang bisa kita rekap. Tetapi jika Anda ingin visualisasi yang lebih enak dipandang, maka perlu visualisasi.

Visualisasikan Data dengan Google Data Studio

Bagian ini agak rumit sedikit, menggunakan sedikit syntax bahasa pemrograman. Tapi Anda tidak perlu khawatir cukup copy-paste saja syntax-nya. Ikuti pelan-pelan.

Buka Google Data Studio dengan mengunjungi tautan berikut https://datastudio.google.com/.

Data Studio
Data Studio

Klik ikon plus (+) besar untuk mulai membuat laporan baru.

Jika Anda pertama kali menggunakan Data Studio maka Anda akan disambut dengan pengenalan singkat apa itu Data Studio. Klik saja Mulai.

Mulai Data Studio
Mulai Data Studio

Setujui persyaratan dan ketentuan, centang kotak I agree to the dst…. klik tombol Setuju.

Data Studio setuju
Data Studio setuju

Pada laman Preferensi lik tombol Ya untuk semu.

Data_Studio_Preferensi
Data Studio Preferensi

Menambahkan sumber data untuk laporan kita, yang mana sumber datanya adalah file Google sheet yang tadi sudah kita buat. Caranya:

Data Studio Google Spreadsheet
Data Studio Google Spreadsheet

Izinkan google studio mengakses Google sheet kita.

izinkan data studio mengakses sheet
Izinkan data studio mengakses sheet

Setelah itu, akan ditampilkan sheet yang pernah kita buat, pilih data absensi nya, klik “Tambahkan”.

Pilih Sheet absensi online yang akan divisualisasi
Pilih Sheet absensi online yang akan divisualisasi.

Klik tombol Tambahkan Ke Laporan.

Data Studio tambahkan ke laporan
Tambahkan ke laporan

Sekarang Anda sudah masuk ke layar desain Google Data Studio, klik judul untuk membuat nama laporan, secara default namanya Laporan Tanpa Judul.

Data Studio Canvas
Data Studio Canvas

Setelah merubah judul, lanjutkan dengan klik menu “Sumber daya“, lalu “Kelola sumber data yang ditambahkan“.

Kelola sumber daya yang ditambahkan
Kelola sumber daya yang ditambahkan

Sumber data yang kita pilih tadi, Klik “Edit

Edit sumber daya
Edit sumber daya

Sumber daya ditampilkan seperti gambar berikut.

Sumber daya absensi online
Sumber daya yang diekstrak dari formulir Absensi online Google Form.

Rubah jenis data untuk “Foto Tanda Tangan” dari URL menjadi “Text“. Tujuannya agar foto tanda tangan bisa ditampilkan.

Ubah tipe data dari url menjadi teks
Ubah tipe data dari url menjadi teks.

Sekarang kita perlu menambahkan kolom baru.

Tambahkan kolom
Tambahkan kolom

Beri nama kolom dengan “Tanda Tangan”.

Kolom Tanda Tangan
Kolom Tanda Tangan

Pada bidang Formula isikan syntax berikut: SUBSTR(Foto Tanda Tangan, 34, 33)

Klik tombol Simpan, lihat sudut kanan bawah. Lalu kembali dengan meng-klik tambol SEMUA KOLOM. (lihat sudut kiri atas, di bawah judul formulir).

Buat satu kolom lagi dan beri nama “TTD“.

Buat kolom TTD
Buat kolom TTD

Isikan formula dengan syntax berikut: IMAGE(CONCAT(“https://drive.google.com/uc?id=”,Foto Tanda Tangan, 34, 33)

Klik Simpan, dan klik tombol Selesai.

Mendesain Tampilan Data Absen Online

Setelah proses di sumber data selesai sampai klik “Tutup”, kita akan di bawa ke halaman desain data seperti berikut:

Tampilan Studio Data Absen Online
Tampilan Studio Data Absen Online

Bidang sebelah kiri menampilkan tabel daftar hadir, sedangkan bidang sebelah kanan adalah kustomisasi untuk objek yang kita pilih di bidang tampilan data. Misalnya jika Anda ingin menambah kolom pada tabel di sebelah kiri maka klik tombol “Tambahkan dimensi“.

Untuk merubah tampilan tabel silakan klik di tempat kosong kemudian pilih template tersedia di sebelah kanan.

sesuaikan tampilan tabel
Sesuaikan tampilan tabel

Selanjutnya klik lagi table tampilan data di bidang data agar kita bisa kita buat beberapa perubahan. Coba ikuti pengaturan berikut:

Pengaturan tabel absensi online
Pengaturan tabel absensi online

Setalah seting data beres, Anda dapat mengatur posisi atau lebar tabel dengan menggeser dan untuk lebar cukup seret dengan mouse. Maka tampilannya akhirnya akan seperti berikut:

tampilan akhir absen online Data Studio
Tampilan akhir absen online Data Studio

Sekian tutorial membuat absen online dengan tanda tangan menggunakan Google Form dan Google Data Studio. Anda dapat mengunduh kemudian mencetak (print out) daftar hadir tersebut.

Cara Membuat dan Memasang Widget Tombol Chat WhatsApp (WA) Di Blogger

Bagaimana cara memasang tombol chat whatsapp (WA) di blogger? Tulisan berikut ini saya menyajikan tutorial cara membuat dan memasang tombol chat wa di blogger. Bagi Kamu yang mempunyai blog di wordpress tentu caranya lebih simple, tinggal pasang plugin dan setting maka tombol WA akan muncul di blog

Tombol chat whatsapp sekarang memang banyak digunakan di banyak website maupun blog, terutama untuk keperluan bisnis baik produk maupun jasa. Tentu banyak alasan kenapa banyak pengelola web maupun blog yang memasang tombol chat WA ini, salah satunya adalah pengunjung lebih mudah melakukan komunikasi. Komunikasi menjadi lebih cepat, efektif dan tidak ribet. Selain itu, di era sekarang pengguna whatsapp tiap tahunnya selalu meningkat drastis. 

Nah, bagi Kamu pengguna blogger yang ingin memasag tombol chat whatsapp (WA) ini berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Get Button
2. Pilih WhatsApp di choose messaging apps
cara membuat widget tombol whatsapp di blogspot

3. Masukkan nomor WhatsApp Kamu pada kolom yang disediakan dengan diawali kode negara seperti contoh pada gambar diatas
4. Pada Customize your button, atur tampilan tombol WA sesuai yang diinginkan seperti warna, posisi dan kalimat ajakan. Kamu juga bisa memasang logo, pesan pembuka mengatur pilihan yang lain jika menggunakan versi premium (berbayar) 
cara memasang tombol chat wa pada blogspot


4. Pada Add the code to your website masukkan alamat email kamu. Kemudian klik get button code. Salin kode yang muncul pada kolom
cara membuat tombol chat wa di blogspot
cara memasang tombol wa di blogger

5. Untuk memasangnya cukup mudah. Masuk ke Dashboard > Tema> Edit HTML> Ctrl+F di dalam tema ketikkan </body> di kolom pencarian.

6. Jika sudah ketemu kode diatas, tempelkan kode yang sudah didapatkan dari Get Button di atas kode </body>.
7. Jika sudah simpan dan silakan dilihat hasilnya. 

Jika sudah banyak data pelanggan maupun prospek yang masuk melalui WA ini, untuk melakukan proses promosi maupun layanan pelanggan berikutnya pun lebih mudah. Ada banyak tools WA yang bisa dipakai untuk melakukan proses ini, saya sendiri terbisa memakai WA Blaster. 

Selain untuk memasang tombol WhatsApp, kamu juga bisa memasang aplikasi lain seperti Facebook Messenger, Line, dan Telegram. Demikian tutorial Cara Membuat dan Memasang Widget Tombol Chat WhatsApp (WA) Di Blogger. Semoga bermanfaa


Daftar SMK yang mengikuti Sertifikasi Server Supermicro Indonesia




Daftar Nama SMK yang Mengikuti Sertifikasi Server Supermicro Indonesia

1. SMK Al - Mubaarok Rembang
2. SMK NEGERI Bandar
3. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
4. PT Widodo Makmur Perkasa
5. SMK Taruna Bhakti
6. SMK Binus Mranggen Demak
7. SMK Bina Nusantara Semarang
8. SMK TAMANSISWA MOJOAGUNG
9. SMKN 1 Sawit
10.SMK Muhammadiyah bligo
11.SMKN 10 MALANG
12.SMKN 1 Magelang
13.SMKN 1 KEBONSARI
14.SMKN 3 JEPARA
15.SMK PGRI 1 NGAWI


SMK ini nanti akan MOU juga dengan Supermicro di bidang perekrutan SysAdmin bagi siswa smknya dan juga kerjasama dalam bidang pendidikan yang lain ada juga diskon member bagi SMK yang sudah MOU semoga kerjasama ini bisa memajukan dalam bidang pendidikan di tanah Air ... Link and Match 




Cara Ampuh Aktivasi Office 2019 dengan CMD No Ribet

  Buka cmd pada menu search ketikan cmd lalu klik kanan kemudian pilih run as administrator seperti gambar dibawah ini: Setelah cmd terbuka ...