google.com, pub-9228471708496696, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Share Aplikasi di Lan Local

  1. Sekarang adalah cara membuat dari aplikasi ujian online di komputer SERVER ini bisa diakses oleh komputer lain dalam satu jaringan. Buka command promt (Shortcut : Tombol Windows + R), kemudian ketikkan cmd, kemudian OK.
  2. Selanjutnya ketikkan ipconfig, akan muncul :
    Catat alamat IP yang di garis bawah merah tersebut. Itu merupakan alamat IP dari komputer SERVER, yang nantinya akan kita jadikan alamat akses dari komputer CLIENT.
    (bagian IPV4 Address, ini di windows 7, di windows xp, atau vista mungkin agak beda, intinya yang IPV4 Address gitu).
  3. Selanjutnya kita masuk di konfigurasi aplikasi ujian online, buka file “application/config/config.php” : 
    Perhatikan baris ke – 4 => $config[‘base_url’] = ‘http://localhost/cat/’; Silakan ganti “localhost” dengan alamat IP komputer yang kita dapatkan dari langkah nomor 7 tadi, menjadi seperti di bawah ini : 
    Setting di komputer SERVER sudah selesai. Anda bisa mengakses aplikasi dari komputer SERVER dengan alamat http://localhost/cat/, ATAU juga bisa http://192.168.0.253/cat/
  4. Kemudian kita masuk ke salah satu komputer CLIENT. Kita buka Command Prompt lagi, kemudian ketikkan : ping 192.168.0.253 (alamat IP komputer SERVER)
    ping 192.168.0.253 (alamat IP komputer SERVER)
    jika koneksi jaringan berhasil akan muncul 
    Jika hasilnya BUKAN “Reply from .....dst” maka dipastikan setting jaringan komputer anda masih salah, silakan hubungi administrator jaringan.
  5. Sekarang akses aplikasi ujian online di komputer SERVER, melalui browser di komputer klien, dengan alamat http://192.168.0.253/cat/. Jika berhasil akan muncul aplikasi ujian online dengan mulus.
  6. Nah, selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mampir ke Blog yang amburadul ini

Cara Ampuh Aktivasi Office 2019 dengan CMD No Ribet

  Buka cmd pada menu search ketikan cmd lalu klik kanan kemudian pilih run as administrator seperti gambar dibawah ini: Setelah cmd terbuka ...