google.com, pub-9228471708496696, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tips Buat Flashdisk Awet dan Tahan Lama

Dalam kegiatan sehari-hari, pasti Anda pernah berkomputasi dengan komputer, gadget pintar yang satu ini memang sudah menjadi kebutuhan umum di masyarakat, tidak dipungkiri jika banyak perkembangan yang semakin maju dari jaman kejaman, kecanggihan komputer selalu diandalkan semua orang, namun bukan berarti komputer tidak membutuhkan aksesoris pendukung, salah satunya Flashdisk, Modem dan aksesoris lainnya.
Kali ini saya akan bahas bagaimana cara merawat kebutuhan aksesoris pendukung komputer  yang yang baik terutama pada Flashdisk. Perangkat yang satu ini bisa dibilang cukup viral untuk membantu pekerjaan kita, seperti memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, namun terkadang kita tidak bisa patuh untuk merawat dengan cara yang benar alhasil flashdisk menjadi rusak dan berdampak pada file yang sudah tersimpan.  Untuk itu berikut 4 Tips Buat Flashdisk Awet dan Tahan Lama  yang bisa Anda lakukan.

1 . Gunakann Port USB Belakang PC
Sebuah PC memiliki  Port USB ( 4 dibelakang & 4 didepan), namun untuk port sudah ketergabungan dengan kabel lainnya yang memungkinkan banyak terhubung dengan sistem lainnya, untuk itu seringlah memakai port belakang, untuk meng-copy File atau eksekusi lainnya, karena lebih aman dan proses lebih cepat, apalagi Flashdisk atau hampir semua Storage Device sudah dirancang untuk digunakan searah, jadi alangkah baiknya untuk digunakan searah.

flashdisk_1

2. Hindari Penggunaan USB Hub
Jika biasanya Anda menggunakan USB Hub untuk menambah jumlah USB, alangkah baiknya hindari hal seperti ini, karena akan berdampak tidak sehat pada flashdisk Anda, apalagi jika digunakan rutin,  pasalnya USB Hub yang digunakan terkadang daya strum-nya tidak begitu cocok, alhasil proses (baca dan menulis) akan menjadi lebih lambat, dan yang past hal ini akan melemahkan flashdisk Anda.

USBHUB

Gunakan USB Hub dalam kondisi tertentu saja, dan jangan sekali-kali gunakan USB Hub untuk melakukan copy file diatas 500MB, angka ini menjadi batasan standar untuk sebuah flashdisk.

3. Mencabut Flashdisk yang Benar
Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana prosedur yang benar dalam mencabut flashdisk saat sedang tercolok di Komputer. Apalagi saat flasdisk sedang bekerja (membaca dan menulis data), dengan pencabutan paksa, hal ini akan merusak komponen flashdisk itu sendiri.

eject

Ibarat mematikan PC langsung dari sumber listriknya, cara mencabut flashdisk juga memiliki cara yang benar, yakni dengan klik icon yang ada di pojok kanan bawah, yang bergambar icon USB, kemudian klik Eject.

4. Bila Tercebur ke Air, Jangan langsung digunakan
Tips yang terakhir cukup penting, dimana terkadang kita terledor membawa aksesoris kecil ini, mungkin sudah ada yang pernah mengalami flashdisk tercebur di air,  hal ini sebenarnya tidak memicu kerusakan, hanya saja , Anda harus menggunakan flashdisk tersbut nanti jika sudah benar benar kering. Dengan begitu dijamin Flashdisk Anda tidak akan rusak, dan tetap akan bisa beroperasi normal seperti semula.

flashdisk

Nah, itulah berbagai tips yang bisa Anda pahami, yang terpenting iyalah merawat dengan baik dan benar, jika flashdisk Anda ingin panjang umur, sebenarnya masih banyak tips yang bisa Anda lakukan, namun ke empat hal diatas rasnya sudah cukup untuk Anda lakukan.  Semoga dengan adanya info ini, bisa bermanfaat untuk Anda dan menambah pengetahuin kecil.

Sumber :
 http://www.linkincube.com/blog/4-tips-buat-flashdisk-awet-dan-tahan-lama/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mampir ke Blog yang amburadul ini

Cara Ampuh Aktivasi Office 2019 dengan CMD No Ribet

  Buka cmd pada menu search ketikan cmd lalu klik kanan kemudian pilih run as administrator seperti gambar dibawah ini: Setelah cmd terbuka ...